Tuesday, June 22, 2010

are we ready yet???

Jakarta yang sudah semakin tua, tapi kotanya semakin "mencoba" untuk tampil cantik. Beda dengan manusia, yang sudah semakin tua sudah semakin "apa adanya"..hehehe...
Udah 24 tahun gw tinggal di kota tercinta Jakarta ini, super banyak banget gw ngalamin perubahan-perubahan di Jakarta. Normal, ya emang normal banget..jangankan sebuah kota besar kayak Jakarta...manusia aja selalu mengalami perubahan. 


(pict from web )

Masuk jadi mahasiswi jurusan arsitektur ternyata bikin gw jadi terbuka soal si Jakarta ini. Beberapa ada sih yang emang pengetahuan umum, tapi ada beberapa yang sering jadi bahan diskusi gw dan temen-temen waktu jaman kuliah dulu. 
Waktu kuliah dulu, kita paling seneng kalo disuruh survey lapangan sebelom desain. Survey lokasi tapak, negatif positif nya lingkungan sekitar tapak, ada apa aja di jarak 10m dari tapak, 20m dari tapak, dst... kita cari tau tapak kita yang nantinya berhubungan dengan desain dari berbagai skala. 
Naaahh..dari situ deh kita banyak dapet hal-hal baru...kayak "iihh..kok ini depannya jalan bagus tapi blakangnya tempat pembuangan sampah" atau "ini wilayah potensial, tapi kenapa jalanannya gak bner gini sih"..dll lah..ehehehe..
Oke secara garis besar, gw pernah diskusi sama temen-temen kuliah gw dulu tentang betapa semrawutnya Jakarta sekarang ini. Kalo ada yang suka nonton film-film alm.Benyamin S, film-film itu sering banget ngeliatin kota Jakarta kala itu. Dari yang gw liat, Jakarta kala itu masih sepi emang..tapi masih hijau banget. Langit masih biru, orang-orang senang ke tempat-tempat terbuka (open space) cuma untuk duduk-duduk, baca buku, seolah-olah lagi kemping..ahahaha... Tapi justru itu yang sangat hilang dari Jakarta. Bukannya semakin dikembangkan malah semakin dihilangin kayaknya deh menurut gw..hhh..
Apakah kita siap untuk menghadapi perubahan? Pertanyaan itu sebenernya jadi basic banget dari semua permasalahan yang ada di Jakarta. Dan jawabannya adalah lebih banyak yang tidak siap menghadapi perubahan daripada orang-orang yang siap dengan segala bentuk perubahan itu.
Gw gak tau pasti gimana Jakarta ini sebenernya dirancang pada jaman dulu itu. Apakah Jakarta ini memang dirancang untuk menghadapi perubahan-perubahan di masa akan datang atau tidak ada rancangan khusus untuk menghadapi perubahan itu...alias let it flow..haha.. 
Gw ambil contoh..NewYork, siapa yang gak tau kota itu!! semua orang pasti excited buat pergi kesana..termasuk gw (amin..amin..amin..) hahahaha... NewYork bukan ibukota dari Amerika tapi NY jadi pusat kegiatan masyarakat Amerika. Sama kan dengan Jakarta, bedanya kelebihan Jakarta ditambah dengan sebagai ibukota Indonesia.
Trotoar di NY sama padatnya dengan jalan rayanya, gw selalu seneng ngeliat orang-orang yang bisa stylish jalan kaki di trotoar tanpa malu atau gengsi. Di hari panas ataupun hujan. Siang - malem kota itu enyak dipandang..hahaha..Itu karna masyarakatnya sudah terbiasa dengan hal itu dan kebiasaan itu timbul juga karna memang NY dirancang untuk menjadi kota seperti itu. Central Park yang gedeeeee banget itu jadi daya tarik sendiri kalo kita liat dari skala kotanya.
Coba kalo di Jakarta, berbagai alasan terlontar untuk tidak berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Panas, debu, polusi, dan mungkin untuk beberapa orang mungkin ada yg gengsi! hahaha..


(pict from web)

Balik lagi ke Jakarta dengan kesemrawutannya... 
Banyak banget contoh ketidaksiapan masyaraktnya dalam mengahadapi perubahan di Jakarta. Contohnya Busway. Menurut gw bisa ada busway di jakarta tuh menguntungkan buanget. Murah tapi adem, gak kayak bis-bis metromini yang panas dan bau asem..hahaha..
Awalnya gw berharap banyak sama busway ini, bnyk juga pro kontranya. Dari mulai banyak jalanan yang terpaksa harus dipotong lebarnya untuk ngasih jatah ke si Busway ini..akibatnya...udah pasti bikin macet! kenapa bisa gt?? balik lagi...karna Jakarta tidak dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi perubahan seperti busway itu. Ok, kekecewaan gw yang lain dari busway adalah tentang budaya manusia-manusia di Jakarta ini...hhhh...ampuuuuuun deeeh gw...bikin emosi. 
Berdasarkan pengalaman gw, yang namanya ANTRI itu gk berlaku di halte busway!! heran deh sama orang-orang yang dengan senang hati nyalip antrian atau nyerobot masuk ke busway dan kalo ditegor alesannya selalu "saya buru-buru"!! hellooooooo...kalo lo buru-buru silahkan naik pesawar jet aja deh!! Busway itu angkutan umum bukan angkutan pribadi yang bisa seenaknya kita perlakuin. 
Mungkin ini balik lagi ke masalah siap dan tidak siapnya kita dalam menghadapi perubahan itu. Untuk orang-orang yang dengan setia mengantri itu berarti termasuk yang siap menghadapi perubahan dan pasti mengharapkan yang lebih dari perlakuan dia itu, tapi untuk orang-orang yang seenaknya gt udah pasti bukan orang yang siap dengan senang hati menerima perubahan itu.
Masalah lainnya adalah halte busway. entah kenapa halte itu sebenernya designnya terlihat modern dan canggih dengan warna aluminium dan kombinasi denga kaca-kaca...tapiiii itu kalo diliat dari luar dan dari jauh...ahahahaha... begitu masuk ke haltenya, gw cuma bisa geleng-geleng kepala..hahaha..satu-satunya halte yang masih rapih menurut gw cuma halte busway monas. Mungkin karena pengaruh kawasan, jadi untuk kawasan lain dibiarin terbengkalai. Ada banyak banget yang pintu sliding nya udah gak bisa ketutup, meeenn itu bahaya banget!! Gw gk pernah berani antri paling depan kalo pintunya gk bisa ketutup..ngeri banget..
Kalo menurut gw, mungkin beberapa maslh diatas yang ngebikin si busway ini gak terlalu sukses sebenernya. Karena kan tujuan awalnya si busway ini lahir untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, tapi ternyata macet itu gak bisa dihilangin. Yang bikin gw heran juga, jalanan Jakarta masih macet tapi si busway ini juga penuhnya udah kayak kopaja kalo jam-jam macetnya Jakarta. Tuh orang-orang munculnya dari mana sih??bingung gw...  Mungkin untuk orang-orang yang mampu untuk punya mobil banyak lebih milih buat nambah koleksi mobilnya aja dibanding untuk manfaatin busway ini gara-gara ketidak sigapan orang-orang yang mengurus busway ini untuk tetap mengaturnya dengan baik. Bukannya dikembangkan jadi lebih baik, malah dibiarin aja. Tapi untuk orang-orang yang memang sehari-hari menggunakan transportasi umum mungkin cuma bisa nerimo aja....selama mereka bisa sampai di tempat tujuan.
Sebenernya justru pemikiran kayak gt yang harusnya dirubah.
Kita butuh keluar dari "comfort zone" kita untuk pencapaian yang lebih baik!!! Dan balik lagi..orang-orang yang merasa masih enjoy berada di "comfort zone" itulah sebenernya orang-orang yang tidak siap menghadapi berbagai bentuk perubahan ;)
Masalah macetnya Jakarta juga terpaut sama tata ruang Jakarta yang (balik lagi) tidak dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi perubahan-perubahan masa depan. Keliatan banget kan sekarang hasilnya, super sangat semrawut!! Yang gw heran tuh seolah-olah warga Jakarta tuh gak abis-abis muncul dari mana-mana. Makin banyak banget perumahan-perumahan, apartemen-apartemen, dan bahkan mall-mall. Seolah-olah masyarakat Jakarta gk pernah cukup hanya dengan "beberapa" mall saja. Mereka butuh lebiiiiiiiiiiiiiihhh...hahahaha...
Gw justru pengennya yang dilebihin itu open space!! Aseliiii..pengen banget Jakarta punya central park kyk di amerika itu..jujur aja gw lebih setuju kalau ada penggusuran yang dilakukan untuk bikin taman yang super gede banget daripada penggusuran untuk dibikin kantor, apartemen, atau bahkan mall!!! 
BOSEN BANGET tauk!!!..hahahaha..
Pengen banget bikinin Jakarta ku taman yang hijau dan adem, amphiteater terbuka, tempat-tempat nongkrong terbuka..pokoknya semua serba open space lah..hahaha..
well...diluar masalh-masalah tadi gw berharap mudah-mudahan masih ada kesempata buat Jakarta yang lebih baik. Jakarta yang benar-benar berubah dengan perkembangannya bukan berubah dengan makin semrawutnya...hahahaha..
dan yang paling penting, mudah-mudahan masyarakatnya bisa lebih siap menghadapi segala bentuk perubahannya, jadi kesadaran untuk merawat dan membuatnya jadi lebih baik timbul sendiri karena kesiapan tadi.... amin..
always pray for the best to my city :)
anyway...HAPPY BIRTHDAY JAKARTA....
mudah-mudahan makin "cantik"..hehehehe...

enjoy :)


No comments:

Post a Comment